Tempat Resep Masakan

Minggu, 17 Mei 2015

Resep Soto Betawi Asli

Resep Soto Betawi Asli - Ada banyak resep soto berbahan daging dan salah satunya adalah soto betawi. Perbedaan soto betawi dengan soto lainnya adalah bahan utama soto betawi berupa campuran bagian dalam sapi serta perpaduan jeroan. Kendati begitu soto betawi tetap jadi resep yang menggugah selera khususnya orang betawi asli. Pkoknya sungguh nikmat dah resep soto betawi kali ini. Apalagi cara membuat soto betawi tak jauh beda degan soto yang lain sehingga banyak yang bisa membuat soto betawi secara mudah.

Tak anyal dari kemudahan bikin soto asli jakarta tersebut, membuat soto betawi digandrungi. Apalagi rasa kuahnya sedapnya nendang lidah, ibaratnye ni ye soto betawi itu kayak tendangan si pitung " nendang banget... hhe Tak anyal di dunia internet soto betawi merupakan salah satu resep masakan paling dicari. Yang perlu anda tahu resep  soto ayam kali ini merupakan resep dari ibu marfuah yang di abadikan di sarah quin.

Resep Soto Betawi Asli
Soto Betawi Kuah Kental

Oh ya satu lagi yang buat resep soto ayam begitu istimewa adalah adanya emping mlinjo. Nah itu tu yang menjadi salah satu ciri khas soto betawi. Apa pernah nemuin emping mlinjo selain di soto betawi? gak kan? mmmmmmhh.. malah ngomongnya panjang lebar gara-gara, cerita soal soto betawi emang gan ade abisnye. Langsung saja ya kita lihat resep soto ayam asli dan bagaimana cara membuat soto betawi yang super duper nikmat. Ini dia resep soto ayam ala bu marfuah:

Resep Soto Betawi

Bahan Soto Betawi
  • 250  gram Daging Sandung Lamur
  • 150  gram Jerohan (paru, usus, babat)
  • 1/4  butir Kelapa, bakar hingga kehitaman
  • 2  buah Kentang dibelah 4 bagian dan digoreng
  • 1  batang Daun Bawang,diiris halus
  • 1  sendok makan Daun Sledri,dirajang halus
  • 1½ liter Santan, kentalnya sedang
  • 1  buah Tomat dipotong 8 bagian
  • 3  sendok makan Minyak goreng
  • 3  lembar Daun Salam
  • 3  lembar Daun Jeruk
  • 2  sendok makan air Jeruk Limau
  • 2  sendok makan Bawang Goreng
  • 1  batang Kayu Manis
  • 1  sendok teh Garam
  • 1  sendok makan Gula
  • Emping Melinjo goreng
Bumbu (dihaluskan):
  • 3 siung Bawang putih
  • 7 buah Bawang merah
  • 3 sendok teh Ketumbar
  • 3 butir Kemiri
  • 2 sendok teh Jintan
  • 2 sendok teh Lada
Bahan Tambahan
  • Timun, potong dadu
  • Cabai rawit rebus
  • Tomat, iris tipis
  • Kol
  • Cuka, secukupnya
  • Garam
  • Air Matang
Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan semua bahan lalu aduk rata.

Cara Membuat Soto Betawi
  1. Rebus jeroan sampai matang 3/4. Buang airnya.
  2. Rebus daging sandur lamur secara terpisah sampai matang 3/4. Jangan buang airnya karena akan digunakan untuk kuah. Ambil airnya 1 liter.
  3. Tiriskan daging dan jeroan kemudian potong-potong.
  4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan bersamaan dengan cengkih, pala dan kayu manis. Ingat Tumis sampai berbau harum agar kuah soto tidak terasa langu atau kurang sedap.
  5. Tumis daging dan jeroan yang sudah dipotong bersama bumbu (sebentar saja).
  6. Setelah itu air kaldu dituangkan bersamaan dengan santan, tomat, seledri, daun bawang, dan kecap manis. Pada saat fase ini didihkan dengan api kecil.
  7. Dapat disajikan dengan bawang goreng dan emping goreng.
  8. Sajikan pula dengan bahan tambahan.
Cukup sampai sini aja ya resep soto betawi, kalau panjang-panjang entar jadi resep soto... Kan malah bahaya, pengennya makan soto betawi, eh malah ngelantur ke resep yang lain. Terima kasih ya sudah mampir disini, aku doain resep soto betawinya gak keasinan...wkwkwk

Resep Soto Betawi Asli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: sarah quin